Inovasi Pembelajaran Stem Berbasis Kearifan Lokal Untuk Peningkatan Literasi Sains Siswa

Penulis

  • Dewi Ayu Pratiwi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Arief Setiawan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55981/dinamika.2025.v1i2.74

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan pembelajaran STEM berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan literasi sains siswa di sekolah menengah pertama. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus, melibatkan wawancara mendalam, observasi praktik pembelajaran, serta analisis modul dan produk digital siswa. Fokus penelitian mencakup strategi guru dalam mengintegrasikan kearifan lokal ke dalam proyek STEM, peran media digital, keterlibatan siswa, serta dukungan sekolah dan faktor lingkungan yang memengaruhi keberhasilan implementasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai budaya lokal, seperti tradisi, kerajinan, dan fenomena alam setempat, dalam proyek STEM memungkinkan siswa memahami konsep sains secara kontekstual, meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan problem solving, serta menumbuhkan apresiasi terhadap identitas budaya. Selain itu, media digital interaktif mendukung efektivitas pembelajaran, sedangkan dukungan sekolah dan kolaborasi dengan komunitas lokal memperkuat keberlanjutan inovasi. Penelitian ini menegaskan pentingnya strategi guru, keterlibatan siswa, media digital, dan dukungan institusional untuk membangun model pembelajaran STEM berbasis kearifan lokal yang efektif dan relevan

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-30

Cara Mengutip

Pratiwi, D. A., & Arief Setiawan. (2025). Inovasi Pembelajaran Stem Berbasis Kearifan Lokal Untuk Peningkatan Literasi Sains Siswa . Jurnal Dinamika Pendidikan Islam, 1(2), 47–58. https://doi.org/10.55981/dinamika.2025.v1i2.74