Focus And Scope

Focus

Jurnal Dinamika Pendidikan dan Ilmu Sosial memfokuskan diri pada publikasi karya ilmiah yang mengkaji dinamika, inovasi, serta transformasi dalam praktik pendidikan dan kajian sosial di berbagai jenjang pendidikan. Jurnal ini berorientasi pada penguatan nilai, integrasi keilmuan, serta konteks sosial yang melingkupi pendidikan. Tujuan utama jurnal adalah menjadi media akademik bagi dosen, peneliti, mahasiswa, dan praktisi untuk menyampaikan hasil penelitian, pengembangan teori, maupun refleksi kritis terhadap tantangan pendidikan dan sosial yang berkembang.

Scope

Cakupan jurnal meliputi kajian strategis dalam bidang pendidikan dan ilmu sosial, termasuk namun tidak terbatas pada:

  • Inovasi pendidikan dan teknologi pembelajaran
  • Manajemen pendidikan dan kepemimpinan
  • Pengembangan kurikulum dan asesmen pembelajaran
  • Psikologi pendidikan dan perkembangan peserta didik
  • Pendidikan multikultural, inklusif, dan berbasis komunitas
  • Pendidikan karakter, moral, dan nilai
  • Kebijakan dan reformasi pendidikan
  • Studi interdisipliner pendidikan dan ilmu sosial
  • Penerapan kearifan lokal dalam praktik pendidikan
  • Kajian sosial-humaniora yang relevan dengan pendidikan

Jurnal ini menerima artikel penelitian kuantitatif, kualitatif, mixed-method, penelitian tindakan kelas, studi literatur, ulasan kritis, maupun laporan inovasi dalam pendidikan dan ilmu sosial.

Frekuensi Terbit

Jurnal Dinamika Pendidikan dan Ilmu Sosial diterbitkan tiga kali dalam setahun, yaitu pada bulan April, Agustus, dan Desember.