Penerapan Pendidikan Multikultur Dengan Media Digital Untuk Pemberdayaan Nilai Lokal Di Sekolah

Penulis

  • Aulia Rahmawati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rizky Pratama Universitas Negeri Yogyakarta,Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55981/dinamika.2025.v1i2.73

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pendidikan multikultural berbasis digital di sekolah dengan menekankan integrasi nilai-nilai kearifan lokal dan peran kebijakan kelembagaan. Latar belakang penelitian ini berangkat dari tantangan era digital yang menuntut penguatan literasi teknologi sekaligus pelestarian identitas budaya. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi literatur, melalui analisis tematik terhadap artikel-artikel dari jurnal terindeks SINTA yang relevan pada periode 2019–2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan multikultural digital dapat meningkatkan kesadaran siswa terhadap keberagaman budaya, memperkuat identitas lokal, serta mendorong terciptanya ekosistem pembelajaran yang inklusif. Temuan juga menegaskan bahwa keberlanjutan penerapan sangat dipengaruhi oleh dukungan kebijakan sekolah, mulai dari penyediaan infrastruktur, penguatan kompetensi guru, hingga evaluasi berkelanjutan. Dengan demikian, model pendidikan multikultural berbasis digital berfungsi tidak hanya sebagai media pembelajaran modern, tetapi juga sebagai strategi strategis dalam membangun masyarakat yang toleran, inklusif, dan berdaya saing global.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-30

Cara Mengutip

Rahmawati, A., & Rizky Pratama. (2025). Penerapan Pendidikan Multikultur Dengan Media Digital Untuk Pemberdayaan Nilai Lokal Di Sekolah. Jurnal Dinamika Pendidikan Islam, 1(2), 35–46. https://doi.org/10.55981/dinamika.2025.v1i2.73