Kepemimpinan Instruksional Dan Pengelolaan Kelas Virtual Di Masa Transisi Teknologi

Penulis

  • Rina Kusuma Universitas Muhammadiyah Lampung, Indonesia
  • Adi Setiawan Universitas Al-Azhar Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55981/dinamika.2025.v1i2.71

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam kepemimpinan instruksional dan pengelolaan kelas virtual pada masa transisi teknologi di lingkungan pendidikan. Masa transisi ini ditandai oleh pergeseran dari sistem pembelajaran konvensional ke arah pemanfaatan teknologi digital yang masif. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan instruksional yang adaptif berperan penting dalam menjembatani kesenjangan teknologi, terutama melalui kemampuan kepala sekolah dan guru dalam menetapkan visi digital, membangun komunikasi dua arah, dan membina kapasitas guru. Di sisi lain, pengelolaan kelas virtual membutuhkan keterampilan pedagogis yang terintegrasi dengan teknologi, khususnya dalam hal manajemen waktu, interaksi siswa, dan penyusunan materi yang menarik. Inovasi dalam manajemen kelas virtual tidak hanya ditentukan oleh kecanggihan platform digital yang digunakan, tetapi juga oleh kompetensi kepemimpinan yang mampu membangun budaya digital yang kolaboratif dan suportif. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman baru tentang pentingnya kolaborasi antara kepemimpinan dan strategi pedagogis di era digital. Hal ini menjadi dasar yang kuat untuk pengembangan model kepemimpinan dan pembelajaran berbasis teknologi yang lebih relevan dengan kebutuhan zaman.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-30

Cara Mengutip

Kusuma, R., & Adi Setiawan. (2025). Kepemimpinan Instruksional Dan Pengelolaan Kelas Virtual Di Masa Transisi Teknologi . Jurnal Dinamika Pendidikan Islam, 1(2), 13–23. https://doi.org/10.55981/dinamika.2025.v1i2.71