Transformasi Kepemimpinan Sekolah Dalam Era Manajemen Pembelajaran Digital

Penulis

  • Rina Wijaya Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia
  • Siti Nuraini Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55981/dinamika.2025.v1i2.70

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepemimpinan kepala sekolah dalam membangun budaya digital di sekolah dasar. Fokus utama diarahkan pada strategi kepala sekolah dalam menginisiasi perubahan berbasis teknologi serta bagaimana budaya digital dikembangkan secara kolaboratif di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan observasi lapangan, dokumentasi, dan wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, serta tenaga kependidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah berperan sebagai agen perubahan dengan mengedepankan kepemimpinan transformasional, pendekatan kolaboratif, dan pemberdayaan seluruh elemen sekolah. Inisiatif seperti pelatihan internal, integrasi media digital dalam pembelajaran, dan kemitraan dengan orang tua menjadi bagian dari strategi sistemik dalam membangun budaya digital. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan budaya digital sangat dipengaruhi oleh kapasitas kepemimpinan yang visioner dan adaptif terhadap dinamika pendidikan abad 21

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-30

Cara Mengutip

Wijaya, R., & Siti Nuraini. (2025). Transformasi Kepemimpinan Sekolah Dalam Era Manajemen Pembelajaran Digital . Jurnal Dinamika Pendidikan Islam, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.55981/dinamika.2025.v1i2.70