Pendampingan Remaja Masjid dalam Penguatan Moderasi Beragama melalui Kegiatan Literasi Al-Qur’an dan Hadis di kota Bogor

Penulis

  • Muhammad Yusuf Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Muhammad Luthfi Zuhdi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Ade Sarmili Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Ahmad Syaikhu Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Didin Hafidhuddin Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55984/bakti.2025.89

Abstrak

Program pendampingan remaja masjid di Kota Bogor bertujuan meningkatkan pemahaman moderasi beragama dan membentuk karakter sosial yang inklusif melalui pendekatan literasi Al-Qur’an dan Hadis. Kegiatan ini melibatkan 40 peserta berusia 15–25 tahun dan dilaksanakan selama tiga bulan dengan metode diskusi, studi kasus, dan refleksi nilai. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan skor pemahaman moderasi dari 42 menjadi 80 poin, serta peningkatan sikap toleran dari 39% menjadi 77%. Selain itu, partisipasi dalam kegiatan sosial lintas komunitas naik dari 26% menjadi 68%, dan keterlibatan dalam komunitas literasi keagamaan mencapai 87%. Pendekatan berbasis nilai lokal dan partisipatif terbukti efektif dalam membentuk ekosistem pembelajaran yang adaptif dan berkelanjutan. Program ini tidak hanya mentransfer pengetahuan, tetapi juga mendorong transformasi sikap dan praktik sosial remaja dalam menghadapi keberagaman secara konstruktif.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-31

Cara Mengutip

Yusuf, M., Zuhdi, M. L., Sarmili, A., Syaikhu, A., & Hafidhuddin, D. (2025). Pendampingan Remaja Masjid dalam Penguatan Moderasi Beragama melalui Kegiatan Literasi Al-Qur’an dan Hadis di kota Bogor. Bakti Masyarakat Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 41–52. https://doi.org/10.55984/bakti.2025.89