Pendampingan Remaja Masjid dalam Penguatan Moderasi Beragama melalui Kegiatan Literasi Al-Qur’an dan Hadis di kota Bogor
DOI:
https://doi.org/10.55984/bakti.2025.89Abstrak
Program pendampingan remaja masjid di Kota Bogor bertujuan meningkatkan pemahaman moderasi beragama dan membentuk karakter sosial yang inklusif melalui pendekatan literasi Al-Qur’an dan Hadis. Kegiatan ini melibatkan 40 peserta berusia 15–25 tahun dan dilaksanakan selama tiga bulan dengan metode diskusi, studi kasus, dan refleksi nilai. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan skor pemahaman moderasi dari 42 menjadi 80 poin, serta peningkatan sikap toleran dari 39% menjadi 77%. Selain itu, partisipasi dalam kegiatan sosial lintas komunitas naik dari 26% menjadi 68%, dan keterlibatan dalam komunitas literasi keagamaan mencapai 87%. Pendekatan berbasis nilai lokal dan partisipatif terbukti efektif dalam membentuk ekosistem pembelajaran yang adaptif dan berkelanjutan. Program ini tidak hanya mentransfer pengetahuan, tetapi juga mendorong transformasi sikap dan praktik sosial remaja dalam menghadapi keberagaman secara konstruktif.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Muhammad Yusuf, Muhammad Luthfi Zuhdi, Ade Sarmili, Ahmad Syaikhu, Didin Hafidhuddin

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.