Pembinaan Literasi Digital bagi Guru dalam Meningkatkan Kompetensi Pengajaran Berbasis Teknologi di SMA Alfa Centauri Bandung

Penulis

  • Euis Eti Rohaeti Institut Teknologi Bandung, Indonesia
  • Dadang Sudrajat Universitas Pendidikan Indonesia
  • R. Kurniadi Universitas Pasundan, Indonesia
  • Tita Rosita Universitas Islam Bandung, Indonesia
  • Lukman Universitas Islam Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55984/bakti.2025.88

Abstrak

Program pelatihan literasi digital di SMA Alfa Centauri Bandung bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam pengajaran berbasis teknologi melalui pendekatan partisipatif dan berbasis kebutuhan lokal. Kegiatan ini melibatkan 30 guru dari berbagai mata pelajaran, dengan hasil evaluasi menunjukkan peningkatan skor literasi digital rata-rata sebesar 47%. Sebelum pelatihan, 65% guru belum pernah mengikuti pelatihan literasi digital formal, dan 58% berada di bawah ambang batas kompeten. Setelah pelatihan, 83% peserta menyatakan siap mengintegrasikan teknologi ke dalam RPP dan asesmen, serta menunjukkan penguasaan aplikasi seperti Canva, Google Site, dan Quizizz. Evaluasi kualitatif menunjukkan perubahan sikap guru terhadap teknologi, terbentuknya komunitas guru digital, dan munculnya inisiatif pelatihan mandiri. Forum diskusi daring yang aktif dengan partisipasi 76% menjadi indikator keberlanjutan program. Kolaborasi antara guru, dosen, dan mahasiswa turut memperkuat sinergi antar pemangku kepentingan pendidikan. Program ini berhasil membentuk ekosistem pembelajaran yang adaptif dan berkelanjutan, serta dapat direplikasi di institusi lain yang menghadapi tantangan serupa.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-31

Cara Mengutip

Rohaeti, E. E., Sudrajat, D., Kurniadi, R., Rosita, T., & Lukman. (2025). Pembinaan Literasi Digital bagi Guru dalam Meningkatkan Kompetensi Pengajaran Berbasis Teknologi di SMA Alfa Centauri Bandung. Bakti Masyarakat Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 29–40. https://doi.org/10.55984/bakti.2025.88