Pembinaan Karakter Islami pada Siswa melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Kearifan Lokal di SMA Negeri I Metro
DOI:
https://doi.org/10.55984/bakti.2025.86Abstrak
Pembinaan karakter Islami melalui kegiatan ekstrakurikuler berbasis kearifan lokal di SMA Negeri 1 Metro merupakan respons strategis terhadap tantangan globalisasi dan modernisasi yang menggeser nilai-nilai spiritual dan sosial di kalangan generasi muda. Program ini mengintegrasikan tradisi lokal seperti marawis, nyongkolan, dan nemui nyimah ke dalam aktivitas keagamaan seperti pengajian dan doa bersama, sehingga menciptakan ruang pembelajaran yang kontekstual dan bermakna. Melalui pendekatan partisipatif dan metode pembiasaan, siswa tidak hanya memahami nilai-nilai Islami secara teoritis, tetapi juga menginternalisasikannya dalam praktik sosial sehari-hari. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 76% siswa mengalami peningkatan perilaku disiplin dan tanggung jawab sosial, serta 68% menunjukkan pemahaman yang lebih baik terhadap nilai-nilai keislaman. Kegiatan ini juga memperkuat kohesi sosial dan identitas budaya lokal, menciptakan ekosistem pendidikan yang religius, inklusif, dan berkelanjutan. Dengan demikian, pembinaan karakter Islami berbasis kearifan lokal terbukti efektif sebagai model pendidikan yang relevan dengan konteks lokal dan mampu membentuk generasi yang berakhlak mulia dan berdaya saing.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Khadijah Aminah Putri, Abdullah Hasan Al-Basri, Fatimah Azzahra, Muhammad Iqbal Fauzi, Aisyah Nur Azizah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.